Garis Besar Mengenai Kepelatihan dan Persiapan Latihan Untuk Para Pelatih

A. Prinsip Umum


Jiwa Kompetisi. Setiap permainan memiliki unsur kompetisi. menghadiahi tim yang menang dan membentuk jiwa kompetisi yang sehat senantiasa berlatih dalam suasana kompetisi dan hal ini jugan akan memacu semangat dari para pemain.

Bola. Semua latihan harus dilakukan dengan bola.

Kegembiraan. Pelatih harus menggunakan kreativitasnya untuk merancang latihan yang menyenangkan sekaligus berhubungan dengan sepakbola terutama untuk para pemain muda.

B. Organisasi


Persiapan. Setiap latihan harus mempersiapkan dan membuat perencanaan dalam latihan sebelum waktu latihan dilaksanakan. Catatan dari semua rencana latihan disimpan sebagai arsip.

Saat Latihan. Jangan hentikan terlalu sering. Pemain harus belajar untuk menemukan cara memecahkan masalah tanpa harus diberitahu terus menerus. Berikan kalimat yang jelas, cermat, dan cepat - cepat lanjutkan kembali latihan.

Evaluasi. Ambil beberapa menit setelah jam latihan untuk meninjau kembali dan berikan catatan pada apa yang sudah dilakukan dengan baik dan apa yang masih membutuhkan perbaikan.

C. Melatih Pemain


Penguasaan Bola dan Passing. Teknik dari seorang pemain didasari oleh penguasaan bola yang sama baiknya dengan akurasi passing yang dilakukannya. Kualitas dan ketepatan arah bola pada sentuhan pertama merupakan hal yang amat sangat penting.

Daya Tangkap dan Kewaspadaan. Tegaskan kepada mereka untuk terus menegakkan kepala dan pandangan mata selalu melihat ke segala penjuru lapangan. Daya tangkap dan kewaspadaan adalah bagian penting dari sebuah pertandingan.

Kecepatan dan Reaksi. Setiap latihan menggabungkan kecepatan daya tangkap, pengambilan keputusan, dan kemampuan untuk menindaklanjutinya dengan cermat. Meningkatkan kecepatan individu akan meninigkatkan kecepatan seluruh tim.

D. Melatih Tim


Jarak dan Pergerakan. Menciptakan ruang dengan tujuan untuk mendapatkan bola dan memberikan pilihan untuk passing kepada pemain yang sedang menguasai bola sangat penting. Artinya tunjukkan kepada para pemain bagaimana bergerak di saat yang tepat.

Menyerang - Bertahan. Semua pemain meneyerang dan bertahan. Berikan aturan yang terperinci da jelaskan gerakan - gerakan yang diperlukan oleh para pemain, baik secara perorangan maupun sebagai satu tim.

Kecepatan Permainan. Tujuan utama dari tim adalah untuk bermain didalam kecepatan yang maksimal. Mengurangi ruang jumlah sentuhan pada bola akan meningkatkan kecepatan bermain.

Subscribe to receive free email updates: