Menciptakan Suasana Dan Sarana Berlatih Yang Kondusif Bagi Perkembangan Pemain

Ada empat faktor yang harus mutlak ada di setiap latihan apabila pelatih dan klub menginginkan terjadinya perkembangan kualitas pemain :
Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia (Timo Scheunemann, 2012)

Intensitas Latihan

Asal latihan saja tidak cukup. Banyaknya SSB yang melatih siswa sekaligus dengan minimnya jumlah pelatih maupun sarana pendukung seperti bola, alhasil latihan tidak efektif, pemain sedikit mendapatkan kesempatan/ giliran sehingga intensitas latihan rendah. Program latihan yang tidak tersusun rapi juga membuat latihan intensitas tinggi tidak tercipta. Tanpa latihan intensitas tinggi seorang pemain tidak akan bisa mengembangkan kualitas teknik dan fisiknya dengan baik.

Kualitas Latihan

Tanpa peralatan fasilitas serta lapangan yang memadai kualitas latihan akan rendah. Kualitas pelatih juga sangat menentukan kualitas latihan. Selain itu faktor - faktor lain seperti daya konsentrasi dan semangat pelatih dan pemain juga kebugaran pemain sangat berpengaruh pada tinggi rendahnya kualitas latihan. Sedangkan kualitas latihan itu sendiri tentu saja sangat berpengaruh bagi perkembangan pemain. Karena masih rendahnya kualitas latihan maka pemain yang tercipta juga tidak maksimal. Kesimpulannya jelas, apabila kita ingin bersaing dengan dunia internasional kualitas latihan harus diperbaiki sehingga pemain bisa berkembang dengan baik.

Kompetisi dalam Latihan dan dalam Pertandingan

Kesalahan lain didalam latihan yaitu tidak adanya falsafah kompetisi didalam program latihan. Lathan apapun bentuknya, akan lebih bergairah, lebih berkualitas dan lebih efektif dilakukan dalam bentuk kompetisi. Penjadwalan pertandingan persahabatan yang rutin dan turut serta dalam festival/ turnamen/ kompetisi juga sangat diperlukan bagi kualitas perkembangan pemain.

Pemahaman Permainan

Lewat program latihan dan Coaching Point yang terkandung didalamnya peran pelatih dan latihan itu sendiri sangat besar bagi perkembangan pemain dalam hal pengertian permainan. Skill dan kecepatan yang memupuni tanpa pemahaman tentang permainan juga akan sia - sia, awareness tentang dimana bola, kapan saat nya mendribble bola dan kapan saatnya harus mengumpan bola serta pemahaman tentang takstis permainan harus mutlak diajarkan kepada pemain agar perkembangan pemain bisa optimal.




Subscribe to receive free email updates: